Posted by :
@maliktakbir
Saturday, April 26, 2014
Hallo gan
Ketemu lagi sama ane
Berhubung Tahun ini bakal ada angkatan baru dalam sejarah kampus kampus
di Indonesia, maka kali ini ane bakal membagi tips untuk kalian calon
mahasiswa IT.
Kenapa ane berbagi Tips ini ?
Simple aja, ane gak mau kalian yang calon mahasiswa IT malah KAGET begitu masuk ke dunia perkuliahan.
Kaget gimana ?
Kaget dalam ngelihat materi kuliah gan.
F.Y.I Gak sedikit lho mahasiswa semester 1 yang KAGET melihat materi perkuliahan.
Kenapa ? ada 2 hal yang dapat membuat mereka KAGET melihat materi perkuliahan gan
- Karena mereka belum pernah nyentuh yang namanya bahasa pemrograman.
- Karena mereka berasal dari SMA atau SMK Non IT bukan SMK IT
“KAGET melihat materi perkuliahan” itu bisa berdampak besar sama kehidupan ente sebagai mahasiswa IT di kemudian hari !
Menurut pengalaman dan pengamatan ane, orang yang “KAGET melihat materi perkuliahan” nantinya bisa dibagi menjadi 2 kepribadian.
- Menjadi PEMALAS karena merasa dirinya udah gak bisa duluan A.K.A PUTUS ASA duluan
- Menjadi semakin bersemangat karena ini merupakan tantangan besar bagi dirinya
Ane gak mau ente yang calon mahasiswa IT nantinya malah jadi mahasiswa PEMALAS yang ujung ujungnya bakal cuma copy paste mentah mentah tugas temen doang yang dimana sifat ini bakal nyusahin ente saat membuat Laporan KP dan Skripsi.
So, marilah ente simak beberapa TIPS dari ane sebelum ente “KECEBUR” jadi Mahasiswa IT
NB : Tips dibawah ini ini hendaknya ente lakukan sebelum ente jadi Mahasiswa. Ente kan saat ini libur panjang nih habis UN.
MANFAATKAN GAN !!! Jangan Terlena dengan kesibukan yang menyesatkan… Ingat ! Tak semua kesibukan itu bermanfaat !
BELAJAR ALGORITMA
Apa sih itu algoritma, nah kalau di otak ente muncul pertanyaan kayak gini. Ya itu pertanda awal ya gan.
Algoritma adalah kumpulan perintah untuk menyelesaikan suatu masalah / problem gan.
Yak, ente harus belajar bagaimana berfikir secara detail dan logis dalam menyelesaikan masalah. Apapaun itu.
Contohnya simple aja, misalkan lampu kamar ente mati dan ente harus menggantinya sendirian.
Ente harus berfikir gimana cara mengganti itu lampu gan.
Maksudnya seperti ini :
Kalau mau mengganti lampu otomatis ente harus melepas lampu dulu kan ?
Yak, bener dalam teorinya TAPI SALAH DALAM PRAKTEKNYA !
Maksudnya ? pertama, ente harus cek dulu apakah ente sudah punya bohlam pengganti.
Setelah dicek dan ternyata bohlamnya penggantinya ada apakah setelah itu ente langsung naik ?
Yak bener dalam teorinya TAPI SALAH DALAM PRAKTEKNYA !
Ente harus matiin saklar atau stop kontaknya dulu demi alasan keamanan ente
See ?
Sebagai mahasiswa IT, ente SANGAT dituntut untuk berfikir secara detail dan logis serta penuh pertimbangan.
Apalagi saat ente mendevelop sebuah program yang kompleks wih Algoritmanya akan sangat sangat banyak gan !!!
Intinya, ente harus berusaha belajar untuk berfikir secara detail dan logis serta penuh pertimbangan.
Inget kata katanya CAK LONTONG...
MIKIR !
Algoritma adalah kumpulan perintah untuk menyelesaikan suatu masalah / problem gan.
Yak, ente harus belajar bagaimana berfikir secara detail dan logis dalam menyelesaikan masalah. Apapaun itu.
Contohnya simple aja, misalkan lampu kamar ente mati dan ente harus menggantinya sendirian.
Ente harus berfikir gimana cara mengganti itu lampu gan.
Maksudnya seperti ini :
Kalau mau mengganti lampu otomatis ente harus melepas lampu dulu kan ?
Yak, bener dalam teorinya TAPI SALAH DALAM PRAKTEKNYA !
Maksudnya ? pertama, ente harus cek dulu apakah ente sudah punya bohlam pengganti.
Setelah dicek dan ternyata bohlamnya penggantinya ada apakah setelah itu ente langsung naik ?
Yak bener dalam teorinya TAPI SALAH DALAM PRAKTEKNYA !
Ente harus matiin saklar atau stop kontaknya dulu demi alasan keamanan ente
See ?
Sebagai mahasiswa IT, ente SANGAT dituntut untuk berfikir secara detail dan logis serta penuh pertimbangan.
Apalagi saat ente mendevelop sebuah program yang kompleks wih Algoritmanya akan sangat sangat banyak gan !!!
Intinya, ente harus berusaha belajar untuk berfikir secara detail dan logis serta penuh pertimbangan.
Inget kata katanya CAK LONTONG...
MIKIR !
BELAJAR KONSEP PEMROGRAMAN
Belajar konsep pemrograman ini akan memudahkan ente untuk membuat sebuah logika program
Ada beberapa konsep pemrograman, contohnya adalah
Percabangan ( if/else, switch )
Perulangan ( for, while, do while)
ente harus ngerti bagimana konsep dari if else, switch, for, while dan lain lain.
Kenapa ? karena if else, switch, for dan lain lain itu sangat digunakan nanti saat ente belajar bahasa pemrograman
Contoh if else :
"JIKA Saya ingin pulang kerumah, maka saya harus belok KANAN. Jika tidak, saya harus belok kiri"
ente bener bener musti berusaha menguasai, bukan hanya sekedar hafal. Percuma ente hafal konsep tapi implementasi ke sintaks program gak bisa.
Apapun bahasa pemrograman yang bakal ente pelajari. Konsep nya sama kok gan. Yang beda itu cuma sintaks nya aja.
maksudnya ?
Kita bahas di spoiler lain ya gan
Ada beberapa konsep pemrograman, contohnya adalah
Percabangan ( if/else, switch )
Perulangan ( for, while, do while)
ente harus ngerti bagimana konsep dari if else, switch, for, while dan lain lain.
Kenapa ? karena if else, switch, for dan lain lain itu sangat digunakan nanti saat ente belajar bahasa pemrograman
Contoh if else :
"JIKA Saya ingin pulang kerumah, maka saya harus belok KANAN. Jika tidak, saya harus belok kiri"
Code:
if(saya == pulang kerumah) {
belok kanan
} else {
belok kiri
}
ente bener bener musti berusaha menguasai, bukan hanya sekedar hafal. Percuma ente hafal konsep tapi implementasi ke sintaks program gak bisa.
Apapun bahasa pemrograman yang bakal ente pelajari. Konsep nya sama kok gan. Yang beda itu cuma sintaks nya aja.
maksudnya ?
Kita bahas di spoiler lain ya gan
BELAJAR FLOWCHART
Oh iya, untuk belajar algoritma akan lebih mudah jika ente mengerti yang namanya diagram alir atau bahasa keren nya FLOWCHART.
Apa itu flowchart ? Flowchart atau diagram alir merupakan sebuah diagram dengan simbol-simbol grafis yang menyatakan aliran algoritma atau proses yang menampilkan langkah-langkah yang disimbolkan dalam bentuk kotak, beserta urutannya dengan menghubungkan masing masing langkah tersebut menggunakan tanda panah.
nah, flowchart ini bakal sangat mempermudah ente dalam meluapkan atau mengungkapkan LOGIKA BERFIKIR ente kedalam sebuah kertas
Ini adalah contoh flowchart menghitung luas persegi panjang gan
BELAJAR BAHASA PEMROGRAMAN
Setelah ente mengerti tentang algoritma & konsep pemrograman.
Alangkah baiknya kalau ente belajar juga bahasa pemrograman.
Apa itu bahasa pemrograman ?
Bahasa pemrograman adalah instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer.
Ada banyak banget gan bahasa pemrograman...
ada C#, Java, VB, Pascal, Delphi, AJAX dan lain lain
TAPI !
ane sangat menyarankan ente untuk belajar bahasa C / C++ terlebih dahulu gan, sebelum belajar bahasa yang lainnya
Compiler yang ane sarankan adalah BORLAND C++ 5.02 keluaran tahun 1999
Kenapa ???
Karena menggunakan BORLAND C++ 5.02 kita gak bakal dimanja sama compilernya gan.
Berbeda banget kalau ente masih pemula udah pake netbeans.
Oh iya, di spoiler sebelumnya ane ada bilang kalau Apapun bahasa pemrograman yang bakal ente pelajari.
Konsep nya sama kok gan.
Yang beda itu cuma sintaks nya aja.
Yuk ane buktikan gan BAHASA C++
Code:
for (int i = 0 ; i<=10 ; i++){
cout<<i;
}
hasil : 012345678910
BAHASA java
Code:
for (int i = 0 ; i<=10 ; i++){
System.out.print( i );
}
hasil : 012345678910
See?
Hasilnya sama aja kan
konsep sama juga
sintaks nya doang yang berbeda
BELAJAR SABAR & TELITI
Nah ini yang cukup penting gan
Mahasiswa IT itu kudu sabar dan teliti gan.
Terkadang setelah codingan kita jadi, belum tentu langsung sukses jalan nya. Terkadang ada errornya.
Dan errornya itu sangat sangat bikin kita jengkel dan bikin kita bersedih.
Contoh System.out.println("Hello World")
Contoh diatas adalah bahasa pemrograman java yang tujuannya untuk memunculkan tulisan Hello World.
Tapi coba ente run kan itu sintaks pasti error. Kenapa ??
TERNYATA cuma kurang tanda semicolon gan " ; "
harusnya System.out.println("Hello World");
see ?
kadang lupa akan hal sekecil itu bisa fatal
jadi ane sarankan ente untuk belajar sabar & teliti sedini mungkin
jangan gara gara kurang tanda semicolon ente langsung nyepak CPU / laptop ente
5 hal diatas menurut ane perlu untuk ente pahami khususnya bagi calon mahasiswa IT.
Pertanyaannya adalah, siapa yang bisa bantu ente belajar ?
hellow, Sekarang sudah 2014 gan, jaman sudah maju. Ente gak perlu PUNYA BUKU setebal YELLOW PAGES untuk belajar ! Ente bisa cari e-book di google, ente bisa ke COMPUTER STUFF, ente bisa tanya temen atau senior kampus yang ente kenal.
F.Y.I sebelum ane jadi mahasiswa IT ane belajar bahasa pemrograman dengan cara nyolong source code tugas temen ane yang sudah senior kampus.
Karena kalau minta mungkin gak bakal dikasih karena ane gak terlalu kenal sama dia apalagi minta source code nya. Berhubung ane gak mau jadi mahasiswa modal nekat doang, terpaksa ane ngambil resiko
Please gan, ente bakal naik tingkat jadi mahasiswa. Jangan masih terpaku sama harus punya buku paket / LKS baru bisa belajar...
Kampus ane gak ngasih buku paket untuk mahasiswanya belajar, terserah mahasiswa mau belajar lewat apa dan via apa.
Semua yang ane tulis ini bersumber dari otak ane yang ane dapat dari pengalaman dan pengamatan ane, kecuali definisi definisi yang ada.
tambahan
jangan lupa buat lebih mengasah LOGIKA agan2 kalo mo jadi mahasiswa IT dan mau jadi programmer juga nantinya
kalo logika udah mantep pasti bakalan ngerti konsep pemrograman, kondisi, looping dll,
udah cukup dua itu aja, mau ganti2 bahasa pemrograman juga gak masalah deh.. tinggal pelajarin syntaxnya aja...
sama jangan kaget kalo nanti keseharian ente bakalan kayak gini
biasakan untuk membuat foding yg rapih diikuti dengan comment utk trace back atau debugging di masa mendatang...
ane dulu pas kerja debugging paling benci kalo baca program yg gak rapih dan gak ada keterangan fungsi dr bagian yg ditulis.
pengalaman ane, kadang pas kita bikin program semuanya serasa mudah, tp stlh 1 tahun, coba ente baca lg program buatan ente sendiri (yg sampe ratusan baris). pasti bingung kalo gak ada keterangannya.
contohnya cout<<"Halo kaskuser"; //memunculkan tulisan halo kaskuser
ente sebaiknya menambahkan comment "//"
gunananya apa ? gunannya ente biar gak lupa cout<<"halo kaskuser"; itu maksudnya apa.
tapi ga perlu semua line ente isiin comment, ya line line yang penting dan bersifat kompleks aja gan
karena itu bakal mempermudah kita untuk mereview codingan sudah pernah kita buat dulu.
ada 2 bentuk comment dalam pemrograman dekstop setau ane.
1. //ini adalah komentar pertama
//ini adalah komentar kedua
2. /* ini adalah komentar pertama
ini adalah komentar kedua */
kalo logika udah mantep pasti bakalan ngerti konsep pemrograman, kondisi, looping dll,
udah cukup dua itu aja, mau ganti2 bahasa pemrograman juga gak masalah deh.. tinggal pelajarin syntaxnya aja...
sama jangan kaget kalo nanti keseharian ente bakalan kayak gini
biasakan untuk membuat foding yg rapih diikuti dengan comment utk trace back atau debugging di masa mendatang...
ane dulu pas kerja debugging paling benci kalo baca program yg gak rapih dan gak ada keterangan fungsi dr bagian yg ditulis.
pengalaman ane, kadang pas kita bikin program semuanya serasa mudah, tp stlh 1 tahun, coba ente baca lg program buatan ente sendiri (yg sampe ratusan baris). pasti bingung kalo gak ada keterangannya.
contohnya cout<<"Halo kaskuser"; //memunculkan tulisan halo kaskuser
ente sebaiknya menambahkan comment "//"
gunananya apa ? gunannya ente biar gak lupa cout<<"halo kaskuser"; itu maksudnya apa.
tapi ga perlu semua line ente isiin comment, ya line line yang penting dan bersifat kompleks aja gan
karena itu bakal mempermudah kita untuk mereview codingan sudah pernah kita buat dulu.
ada 2 bentuk comment dalam pemrograman dekstop setau ane.
1. //ini adalah komentar pertama
//ini adalah komentar kedua
2. /* ini adalah komentar pertama
ini adalah komentar kedua */
MOTIVASI
Ane sarankan ente punya buku atau mencari e-book yang judulnya
" Algoritma Dan Pemrograman by Rinaldi Munir "